Powered By Blogger

Selasa, 22 Maret 2011

7 TIPS SUKSES DALAM MANAJEMEN WAKTU 


1.        SELF AWARENESS
Membangun kesadaran terhadap diri sendiri bila dihubungkan denagn time management adalah bagaimana kita memaknai waktu. Kenalilah dan perhatikanlah diri sendir. Bangunlah sebuah self awareness. Kebanyakan arang justru lebih mengenal  orang lain dibandingkan diri mereka sendiri. Begitu banyak orang yang belum aware terhadap diri mereka sendiri. Mereka maunya apa, sukanya apa, kecenderungannya apa. Ketika kita memiliki self awareness yang tinggi pada diri mereka sendiri, maka kita kan mampu untuk merefleksikan perilaku emosional kita dan kita akan mampu untuk menentukan yang terbaik bagi diri kita sendiri.

2.   VALUES
Temukan nilai – nilai apa yang paling penting dalam hidup. Apa yang paling bermakna dalam hidup. Apa yang aline denagn diri kita sendiri.

3.    PRIORITAS
Kita harus mengetahui apa yang menjadi prioritas dalam hidup dengan cara menentukan mana yang urgent dan mana yang important.  Apa yang nanti akan kita lakukan dapat berdampak besar bagi sekitar kita.

4.    GOAL SETTING
Penetapan tujuan yang dapat dibuat perhari, per minggu, per bulan ataupun per tahun. Tetapkanlah tujuan – tujuan yang dapat memotivasi diri, realistik dan sejalan dengan sasaran hidup.

5.    DISIPLIN
Tanamkan sikap disiplin untuk mengerjakan semua yang sudah disusun berdasarkan to do list yang sudah dibuat. Dapat juga diberlakukan peraturan reward atau punishment pada setiap perencanaan yang berhasil dilakukan atau malah gagal dilakukan.

6.    BASMI SIKAP MENUNDA
Segera kerjakan apa yang sudah menjadi rencana. Semakin kita sering menunda – nunda waktu untuk mengerjakan sesuatu, maka akan banyak kesempatan baik yang sebenarnya dapat dilakukan untuk to do something.

7.  TAHU KAPASITAS
Ketika kita mengetahui kapasitas dalam diri, maka kita akan mampu untuk menyusun waktu yang efektif dan strategi dalam penyelesaian akhir dari rencana – rencana yang sudah dibuat. Setiap orang tentu berbeda kapasitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar