Powered By Blogger

Selasa, 22 Maret 2011

7 TIPS SUKSES BEKERJA DALAM TIM

1.    KESADARAN SEBAGAI PEGAWAI
Secara garis besar, dalam tim kerja terdapat atasan dan bawahan yang menempati posisi kerja dengna porsinya masing – masing. Oleh karena itu, kerja tim tidak akan maksimal jika fungsi pekerja tersebut tidak jalan dengan optimal. Untuk mendapatkan hal tersebut, kesadaran para individu sebagai seorang pekerja adalah modal utama untuk menumbuhkan semangat kerja tim.

2.    BEKERJA UNTUK KONTRIBUSI
Para pekerja harus menanamkan prinsip, bahwa bekerja untuk memberikan kontribusi. Banyak paradigma lama yang berkembang bahwa bekerja hanya untuk sekedar mencari nafkah yang harus disingkirkan. Pasalnya, tidak ada hal yang lebih bernialai dari seorang pekerja selain bekerja untuk memberikan kontribusi. Cara untuk menumbuhkan semangat berkontribusi pada pekerjaan adalah denagn peduli. Setelah peduli akan muncul respect. Setelah respct akan muncul achievement.

3.    INTERDEPENDENT
Dengan berjalannya kerja secara interdependent diharapkan kerja tim akan berlangsung lebih cepat dan sesuai denagn kebutuhan.

4.    MEMAHAMI PERAN DAN TANGUNG JAWAB
Untuk mencapai sukses bekerja dalam tim diperlukan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab masing – masing.

5.    MENGHARGAI TEMAN SATU TIM
Selain menghargai diri sendiri, dalam bekerja satu tim, mutlak dibutuhkan saling menghargai teman satu tim. Jangan pernah merasa lebih baik atau lebih hebat. Karena keberhasilan tim merupakan usaha bersama yang tidak mungkin tercipta jika hanya dikerjakan seorang diri.

6.    CIPTAKAN SUASANA KONDUSIF
Semua anggota tim memiliki kontribusi untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif . mulailah menjadi anggota tim yang komunikatif, kooperatif dan terbuka dengan satu tim yang lainnya. Denagn demikian diharapkan agar terbangun suasana yang kondusif untuk mencapai target yang diinginkan.

7.    UKUR DIRI SENDIRI
Dalam bekerja tim, hindari menyorot kekurangan rekan satu tim dan selalu menyalahkannya. Alngkah baiknya juka selalu menanyakan kepada diri sendiri tentang kebaikan apa yang  sudah dilakukan untuk tim. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar