Powered By Blogger

Senin, 18 Oktober 2010

DDR3 RAM


DDR3 SDRAM kependekan dari Double Data Rate three Synchronous Dynamic Random Access Memory. Dalam teknik elektronika, DDR3 SDRAM adalah RAM berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan data ketika komputer sedang bekerja. Selain merupakan bagian dari perangkat komputer, DDR3 SDRAM juga digunakan pada peralatan elektronik digital lainnya.
DDR3 SDRAM termasuk keluarga SDRAM, merupakan salah satu hasil penerapan dari teknologi DRAM yang pada tahun 2008 masih tergolong baru. DDR3 SDRAM adalah penerus dan perkembangan dari generasi pendahulunya, yaitu DDR2 SDRAM. Kelebihan utama DDR3 SDRAM adalah kemampuannya untuk menjalankan bus I/O hingga empat kali kecepatan sel-sel memori. Hal ini yang mengakibatkan DDR3 SDRAM mampu mentransmisi data lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan generasi pendahulunya. Namun DDR3 SDRAM memiliki latency yang lebih tinggi dibandingkan DDR2 SDRAM. Teknologi DDR3 ini membuka peluang besar diciptakannya chip memori berkapasitas 512 Mbit hingga 8 Gbit, dan secara efektif sangat memungkinkan diwujudkannya pembuatan modul memori berkapasitas maksimum 16 GB. DDR3 SDRAM memiliki 240 pin, sama jumlahnya dengan pin DDR2 SDRAM. Ukuran panjang DDR3 SDRAM juga sama dengan panjang DDR2 SDRAM, tetapi kedua jenis modul tersebut secara elektronis tidak saling kompatibel satu dengan lainnya, dan keduanya memiliki lokasi notch (takian/kowakan) yang berbeda.
Kecepatan Memori dan Bandwidth
Tujuan utama standar memori DDR3 adalah untuk meningkatkan kecepatan memori dan bandwidth di diatas spesifikasi DDR2 yang lebih tua. Modul memori DDR asli (standar) berjalan antara effective clock speed 200 dan 400MHz. Standar DDR2 dua kali lipat dari ini yaitu antara 400 dan 800MHz. DDR3 diatur ke dua kali kecepatan DDR2 dengan kecepatan clock antara 800MHz dan 1.6GHz. Meskipun standar memori DDR2 secara real hanya naik dengan kecepatan 800MHz, ada modul yang dijual yang dapat berjalan pada kecepatan 1066MHz. Secara teknis ini overclocked modul modul standar sebagai spesifikasi JEDEC tidak resmi yang mendukung kecepatan lebih dari 800MHz. Ini sering ditangani oleh memori yang membutuhkan modul-modul yang dijalankan dengan tegangan yang lebih tinggi atau latency yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan.


Peningkatan latency
Dalam rangka meningkatkan kecepatan modul memori DDR3, maka perlu juga meningkatkan latency modul. Latency adalah jumlah waktu yang dibutuhkan modul memori untuk memproses perintah dalam beberapa jam atau siklus perintah. Semakin tinggi, latency itu, semakin lambat memori memproses perintah. Latency khas untuk standar JEDEC DDR2 adalah 5-5-5-15. Latencies JEDEC standar untuk memori DDR3 yang lebih baru adalah 7-7-7-15. Bahkan dengan peningkatan latency untuk memori DDR3, kecepatan clock yang lebih tinggi memungkinkan memori masih memiliki bandwidth yang lebih besar dari standar lama. Hal ini menyebabkan memori DDR3 yang berjalan pada 800MHz menjadi sedikit lebih lambat dari memori DDR2 yang juga berjalan pada 800MHz. Keuntungan nyata diperoleh dari kecepatan clock lebih tinggi dari standar ini. Hal lain berhubungan dengan latency yang harus diperhatikan adalah bahwa ini adalah standar. Seperti manufaktur meningkatkan modul memori, modul akan dapat dijalankan pada latency lebih rendah dari spesifikasi JEDEC.
·         Keunggulan DDR3 SDRAM dibandingkan DDR2 SDRAM *
Beberapa keunggulan DDR3 SDRAM dibandingkan DDR2 SDRAM antara lain:
o Mempunyai bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya.
o Kecepatan efektif memori dapat mencapai 1866 MHz (sampai tahun 2008)
o Lebih hemat energi dan performanya lebih bagus. Dapat memperpanjang waktu pemakaian laptop karena energi listrik pada batere tidak cepat habis.
o Dilengkapi desain sistem pendingin (cooler) yang lebih bagus.
·        Kelemahan DDR3 SDRAM dibandingkan DDR2 SDRAM *
Kelemahan-kelemahan DDR3 SDRAM dibandingkan DDR2 SDRAM antara lain:
o Mempunyai CAS Latency yang lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya sebagai kompensasi dari tingginya bandwidth.
o Sampai dengan tahun 2008, harga DDR3 SDRAM cukup tinggi.
o Modul memori DDR3 tidak kompatibel untuk motherboard berbasis DDR2.  meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namun notch antara kedua RAM tersebut berbeda. Begitu juga mobo yang support masih langka di pasaran

 

SUMBER file:///G:/Rini%27s%20Folder/Pengertian%20DDR3%20%C2%AB%20yahya%27s%20blog.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar